2020 Ingin Coba Berinvestasi? Simak Tips Berikut Agar Tidak Tergiur Investasi Bodong

Created On : 15 January 2020

Momen tahun baru seringkali digunakan kebanyakan orang untuk menghitung pencapaian apa yang telah dilakukan setahun kebelakang. Di penghujung tahun juga biasanya orang-orang menuliskan resolusi-resolusi yang akan dilakukan untuk tahun selanjutnya. Salah satu resolusi yang sering ingin dicapai adalah resolusi keuangan, seperti menabung, ataupun berinvestasi.


Sebelum mulai berinvestasi, kalian harus teliti mengenai produk dan perusahaan investasi tersebut. Jangan sampai terjerumus pada investasi bodong yang semakin merajalela. Oleh karena itu, kenali ciri-ciri investasi bodong berikut ini:

  1. Hasil tinggi dalam waktu singkat

Waspadalah jika ada investasi yang menjanjikan imbal hasil yang tinggi hanya dalam kurun waktu yang singkat, misalnya saja ada investasi yang menjanjikan bunga hingga 30% dalam 1 bulan. Agar terhindar dari investasi bodong ini, kalian perlu membandingkan keuntungan investasi yang ditawarkan dengan investasi yang lainnya yang sudah berizin/legal.


  1. Keuntungan berlipat dari perekrutan member

Jika kalian berinvestasi dan diharuskan untuk merekrut anggota baru, maka anda patut waspada akan adanya skema ponzi yang dijalankan di perusahaan tersebut. Perusahaan akan meminta kalian mengajak anggota baru untuk bergabung, dan menyetorkan sejumlah dana. Jika berhasil mengajak anggota baru, maka anda akan mendapat bonus dari perekrutan tersebut. Lalu dana yang disetorkan anggota baru tersebut akan digunakan untuk membayarkan keuntungan yang dijanjikan pada kalian.


  1. Investasi minim resiko

Jika ada produk investasi yang menawarkan resiko yang minim atau tanpa resiko sama sekali, anda harus berhati-hati dengan produk investasi tersebut. Kalian bisa bertanya pada customer support atau perusahaan yang menawarkan produk investasi tersebut. Apabila mereka tidak memberikan jawaban dan hanya memberikan iming-iming keuntungan investasi yang besar, bisa jadi investasi tersebut adalah bodong.


Janganlah kalian takut berinvestasi. Bagi kalian yang mulai terjun ke dunia investasi pada tahun ini, kalian bisa membaca beberapa tips untuk berinvestasi berikut:

  1. Perbanyak pengetahuan seputar investasi

Kenali produk-produk investasi. Kalian bisa membaca buku, menjadi anggota komunitas, maupun browsing di internet mengenai produk-produk investasi yang ada. Memperbanyak pengetahuan akan memberikan anda pandangan/ilmu sebelum kalian terjun ke dunia investasi.


  1. Jangan mudah tergiur dengan investasi yang memberikan bunga tinggi

Jika ada investasi yang menjanjikan return/bunga yang tinggi, anda patut untuk curiga dan berhati-hati dengan investasi tersebut. Kebanyakan orang tergiur untuk mendapatkan keuntungan yang tinggi dan mengabaikan resiko yang akan timbul.


  1. Periksa legalitas perusahaan

Sebelum berinvestasi, alangkah baiknya kalian cek legalitas perusahaan tersebut. Biasanya investasi-investasi bodong bermasalah dalam hal perizinan. Kalian dapat memeriksa situs resmi perusahaan tersebut, dan pastikan perusahaan tersebut memiliki perizinan yang jelas.


Pastikan kalian sudah melakukan tips-tips di atas sebelum mulai berinvestasi agar tidak mudah tergiur dengan investasi bodong. Jika kalian menemukan investasi yang mencurigakan, kalian dapat menghubungi OJK atau pihak berwenang agar segera ditindak lanjuti.