4 Kesalahan Investasi yang Sering Dilakukan Investor Pemula

Created On : 05 March 2020


Sebagai investor baru, Anda seringkali merasa kebingungan dan kesulitan saat akan berinvestasi untuk pertama kalinya. Banyaknya instrumen investasi dan skema investasi yang berbeda-beda seringkali menjadikan alasan banyak investor pemula untuk berinvestasi lebih lanjut. Namun, penting juga bagi investor pemula untuk terus berinvestasi dan mencoba instrumen-instrumen lain agar bisa lebih cermat dalam berinvestasi di kemudian hari.

Berikut ini, 4 kesalahan yang sering dilakukan investor pemula saat berinvestasi.

  • Menunda investasi
         Semakin cepat Anda memulai investasi, maka semakin cepat juga Anda akan mendapatkan pengetahuan mengenai investasi tersebut. Semakin cepat Anda berinvestasi juga, maka akan semakin banyak manfaat yang bisa Anda ambil. Lebih baik jika Anda memulai investasi sedini mungkin, namun jangan berkecil hati jika Anda baru memulai investasi saat ini.

  • Kurang sabar dalam berinvestasi
         Karena masih baru dalam investasi, banyak investor pemula yang hanya fokus dalam jangka pendek saja untuk mendapatkan keuntungan yang tinggi dan cepat. Padahal, setiap instrumen investasi memiliki jangka waktu dan ketentuan yang berbeda-beda untuk mendapatkan keuntungan. 

  • Menempatkan seluruh dana hanya pada satu instrumen investasi saja
           Sangat disarankan untuk mendiversifikasikan portofolio investasi Anda. Jika portofolio Anda tidak terdiversifikasi, ada kemungkinan untuk investasi tersebut gagal dan uang yang anda investasikan menguap.

  • Terlalu sering mengecek portofolio
          Boleh saja Anda mengecek portofolio investasi Anda, tetapi jangan terlalu sering mengeceknya. Biarkan uang yang sudah anda investasikan bekerja untuk Anda seiring berjalannya waktu.

Nah, itu adalah beberapa kesalahan yang seringkali dilakukan oleh investor pemula. Pastikan Anda tidak melakukan kesalahan tersebut. Selamat berinvestasi!