Beli atau Sewa Rumah?

Dibuat : 11 October 2018

Bagi generasi milenial, permasalahan ini sudah sangat familiar. Kebutuhan akan tempat tinggal tetap menjadi hal pokok, namun dengan kenaikan harga properti yang signifikan membuat orang berpikir ulang antara menyewa atau membeli rumah.


Pertimbangan

    Dalam membuat keputusan apakah akan menyewa atau membeli rumah, Anda perlu mempertimbangkan beberapa hal. Yang pertama adalah kebutuhan Anda, misalnya apakah Anda tinggal sendiri atau ada keluarga. Kebutuhan ruang untuk tempat tinggal tentu berbeda jika jumlah orang yang tinggal bersama Anda lebih banyak. Yang kedua, pertimbangkan status domisili Anda. Apakah Anda tinggal di tempat tersebut secara permanen, atau hanya untuk bekerja atau kuliah. Dalam hal ini, perlu dipertimbangkan juga biaya transportasi. Apakah benar-benar perlu menyewa atau membeli rumah di lokasi baru. Ketiga, pertimbangan investasi. Properti, dapat menjadi investasi di masa depan. Salah satu kelebihan membeli rumah adalah kenaikan harga properti, sehingga bisa dijadikan tabungan sekaligus investasi. Keempat, pertimbangan kemampuan finansial. Anda perlu melihat juga, sejauh mana Anda mampu menanggung biaya untuk tempat tinggal. Cari tahu seluruh biaya-biaya, dan pertimbangkan dengan bijak pilihan manakah yang paling sesuai untuk Anda.

Terakhir, pertimbangan biaya tambahan baik untuk menyewa maupun membeli rumah. Contohnya, biaya legal pengurusan pembelian maupun sewa rumah dan biaya untuk pindahan.


Kelebihan dan Kekurangan

    Sebelum memutuskan, Anda perlu mempertimbangkan juga kelebihan dan kekurangan masing-masing pilihan keputusan. Berikut ini beberapa perbandingan kelebihan dan kekurangan dalam menyewa dan membeli rumah :

1. Menyewa Rumah

     Kelebihan

     â¦ Harga sewa yang pasti jauh lebih murah.
     â¦ Biaya perawatan rumah yang terjangkau karena biasanya ditanggung pemilik rumah
     â¦ Bebas uang muka dan biaya administrasi
     â¦ Bisa pindah lokasi jika diperlukan.

    Kekurangan

     â¦ Properti tidak bisa jadi hak milik
     â¦ Pertimbangan kenaikan harga sewa
     â¦ Biaya pindahan
     â¦ Tidak bisa merubah properti sesuai keinginan dan kebutuhan tanpa ijin pemilik
     â¦ Kemungkinan memerlukan jaminan

2. Membeli Rumah

     Kelebihan

     â¦ Properti akan menjadi milik pribadi
     â¦ Kenaikan harga properti menjadi investasi menarik
     â¦ Bebas dalam mengatur properti sesuai keinginan

     Kekurangan

     â¦ Harga properti yang tinggi
     â¦ Biaya dan proses administrasi yang panjang
     â¦ Angsuran bulanan yang cukup besar jika membeli dengan cara kredit.
     â¦ Biaya pemeliharaan dan pajak


Memiliki tempat tinggal adalah kebutuhan dasar yang paling penting, namun juga memerlukan biaya yang cukup besar. Namun, jika Anda memilih keputusan yang tepat, tempat tinggal tersebut akan menjadi tempat nyaman bagi Anda untuk pulang.