Hindari Beberapa Kesalahan Saat Membeli Rumah

Dibuat : 18 September 2018


      Membeli rumah untuk yang pertama kali membutuhkan banyak persiapan bagi Anda yang tidak memiliki pengalaman di dalamnya. Apabila salah langkah maka rumah yang harusnya menjadi tempat untuk melepas penat dari segala aktifitas bisa menjadi bencana untuk kedepannya. Untuk menghindari segala kesalahan yang tidak diinginkan maka Anda perlu mencermati beberapa tips dari kami yang dapat membantu Anda dalam memilih rumah idaman Anda.


1. Tidak mengamati lingkungan sekitar rumah


     Lingkungan sekitar rumah perlu di survey terlebih dahulu, apakah daerah sekitar rawan macet? rawan banjir? atau sering terjadi kriminalitas. Lokasi yang stategis juga dapat menjadi pertimbangan yang baik agar Anda merasa nyaman ketika sedang melakukan aktifitas di sekitar rumah. Tanyakan hal ini kepada tetangga sekitar rumah selain bisa untuk mendapatkan informasi mengenai calon rumah, bisa juga menjadi langkah awal untuk mengenal calon tetangga-tetangga baru Anda.


2. Hanya terpesona dengan tampilan luar rumah


     Dalam pemilihan rumah terkadang orang sering terjebak pemilihan secara personal seperti warna rumah yang menarik, atau karena terdapat halaman belakang yang bagus dan hal emosional lainnya. Padahal rumah merupakan suatu investasi jangka panjang yang harus benar-benar dipikir secara matang pada saat pemilihan. Karena rumah dinilai dari lokasi, struktur, status rumah dan hal lain yang dapat membuat harga rumah semakin meningkat.


3. Cicilan KPR tidak dihitung dengan baik


     Dijaman sekarang membeli rumah sudah sangat dimudahkan dengan adanya program KPR yang disediakan oleh bank-bank. Anda dapat memilih KPR dari bank manapun yang sesuai dengan budget Anda. Namun jangan terlalu terburu-buru untuk menentukan KPR dan jumlah cicilan yang dipilih, perhitungkan dulu antara pendapatan, kebutuhan utama dan lainnya. Anda perlu untuk memisahkan anggaran pengeluaran sehari-hari dengan biaya mencicil rumah. Karena jika tidak Anda akan kerepotan pada saat akan membayar cicilan rumah dan pengeluaran utama Anda.


4. Melupakan biaya ekstra


     Walaupun membeli rumah dengan sistem KPR jangan abaikan biaya ekstra yang harus dikeluarkan diluar biaya DP dan cicilan KPR. Biaya esktra ini seperti biaya materai, biaya notaris, pajak properti, bunga KPR dan lain sebagainya. Jika ada satu saja yang meleset dari perhitungan awal maka nantinya Anda akan kerepotan untuk menutupi biaya-biaya tambahan yang muncul secara tiba-tiba di tengah jalan.


5. Tidak teliti dalam memeriksa surat-surat rumah


     Cermati dan pahami betul-betul berbagai macam kontrak atau surat-menyurat dan dokumen dari pihak yang meminjamkan dana maupun dari agen penjual rumah. Bertanyalah apabila ada bagian-bagian yang tidak Anda mengerti. Hal ini dapat menghindarkan Anda dari kesalahpahaman yang bisa saja hadir ditengah-tengah sedang mencicil rumah idaman Anda. Yang tentunya Anda tidak ingin hal ini terjadi bukan?


6. Memilih tenor KPR yang singkat


     Siapa yang tidak tergiur dengan tawaran segera lepas dari biaya cicilan rumah?, kita pasti tidak ingin terus-terusan terikat dengan biaya cicilan rumah tiap bulannya maka ada beberapa orang yang memilih KPR dengan tenor yang singkat. Namun jangan terburu-buru untuk memilih tenor KPR yang singkat ini karena bisa saja di tengah jalan saat mencicil rumah pilihan ini menjadi boomerang bagi Anda sendiri. Karena kita tidak tau keadaan keuangan kita secara pasti di tengah jalan. Ada baiknya Anda memilih KPR dengan tenor yang cukup. Tapi jika perhitungan Anda sudah dipikirkan secara matang- matang dan tidak akan menganggu pengeluaran kebutuhan utama Anda maka memilih KPR dengan tenor yang singkat tidak ada salahnya.


     Itulah diatas tips-tips dari kami yang dapat menjadi masukan bagi Anda agar terhindar dari kesalahan-kesalahan yang terjadi saat pertama kali membeli rumah idaman. Semoga Anda cepat memiliki rumah idaman yang Anda impikan yaa